Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Minggu, 21 Agustus 2011

Serba-Serbi Brownies Panggang

Sebagai salah satu kue favoritku, brownies panggang ini seriiiing banget aku buat.. nah, pas kemarin buat tiba2 terlintas untuk mendekomentasikan prosesnya.. padahal, sungguh sungguh ngga penting..

Kenapa ngga penting?!? yap karena brownies pada awalnya adalah 'kue gagal'nya orang2 bule sono,, jadi makin bantet,  makin OK
so, ngga perlu ada pengalaman ato kemampuan khusus untuk ngebuat kue ini

Karena itu, brownies sering dijadikan start buat orang2 yang baru aja ngenal dapur, like I was (or I am, still?!?)
banyak varian brownies, tapi 'merk' yang aseli adalah si 'pennylanne' brownies, yang menggunakan minyak sayur sebagai lemak dalam adonannya,
kalo sekarang mah, udah banyaaak banget jenis dan variasinya, yang penting si kueh bertekstur padat yaa langsung aja dilabeli brownies.. dan nggak mesti brown

Soal tekstur, brownies yang 'seharusnya' adalah crunchy di luar tapi masih moist di dalam, kalo aku suka yang seperti itu.. tapi, kalo untuk bagi2 aku biasanya buat yang agak spongy..
nah, untuk brownies kukus, sejauh (atau lebih tepatnya 'sebatas') yang aku tau hanya 'menjalar dan menjamur' di Endonesa dah,, tipe brownies yang satu ini teksturnya all moist, khas kueh2 kukus lah

Untuk resepnya udah aku posting sebelumnya dengan judul 'brownies panggang' dan bisa diliat di sini
ini adalah step by stepnya, oia,, brownies yang aku buat ini versi yang 'ringan' karena aku ngocok telurnya sampai mengembang soalnya mau aku jadiin 3 loyang ukuran standard brownies loaf, telur juga bisa hanya dikocok sekedar untuk melarutkan gulanya aja, tergantung selera dan kebutuhan..

Untuk keawetan, brownies panggang jauuuh lebih awet dan tahan lama dibanding dengan brownies pennylanne. Kalo di simpan si suhu ruang brownies panggang bisa tahan sampai satu minggu, kalo di dalam freezer bisa sampai sebulan! Kalo si pennylane cuma 3 hari di suhu ruang dan seminggu (mungkin lebih) di kulkas. keawetan kueh (jenis apapun) juga tergantung dari bahan yang digunakan dan sebaiknya disimpan dalam keadaan kueh yang sudah benar2 dingin, agar tidak cepat jamuran.

Dengan resep yang sama, brownies bisa dijadiin cake dan cookies (kue kering). kalo mau jadiin cookies, adonan brownies dituang ke loyang datar (yang biasa untuk cookies), kalo sudah matang dipotong2 sesuai selera (seukuran cookies tentunya) dan dioven lagi dengan panas rendah (150c) hingga kering, jangan lupa menggeser2 cookies agar matangnya merata. Kalo pinggiran cookies udah mengeras, tapi tengahnya masih soft, diangkat ajah, nantinya bakalan mengeras sendiri di suhu ruang.


Step By Step Brownies Panggang:

-Siapkan bahannya (kali ini aku pake palm sugar 125 gr aja>>


- Tim cokelat dan butter (ato margarine) hingga leleh >> aku pake cara sesat (sesat means cepat), aku panaskan di atas api keciiiiil sambil diaduk2 pake whisk >> aku kehilangan whisk! dimainin sama si 'hebat' dan disimpan di negeri antah-barantah, jadi pake whisknya mixer, hehe


- Kocok telur dan gula (sesuai keinginan hasil akhir brownies, untuk mau yang bantat cukup dikocok sampai gula larut, untuk yang lebih spongy kocok hingga mengembang (yang ini ngga ke poto) >> maaph, palm sugarnya batal kepake soalnya dijadiin taburan rotinya si 'hebat'

- Matikan mixer, masukan terigu sedikit2 dan aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Tambahkan essence vanili biar kuehnya makin wangii.


- Tuang cokelat dengan cara dikucurkan

- Aduk adonan dengan spatula, hingga tercampur rata

- Tuang ke loyang, beri topping sesuai selera (aku pakein keju (cheese), kenari (nuts) dan kismis (dried fruit) @50 gr)

- Oven 30" dengan suhu 180c, lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan si brownies.

- Taraaaa... Ready to eat! *better served chilled*

1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    BalasHapus