Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Rabu, 10 Agustus 2011

kukis semangka




atau kukis jambu biji yaa?!? si Ayah sih bilang kukis jambu rasa semangka, hehe
aku diprotes, "dimana2 biji semangka tu warna item.." hehe, suka2 si baker dung, lagian aku ngga punya stok wijen item, jadi pake yang ada aja yang warna putih,  anggaplah ini semangka muuuuda belia, daging buahnya juga masih pink.. (hehe, lagi2 maksa..)
ini pertama kali aku nyoba kukis bentuk gini, masalah utama ada pada saat pemotongan adonan, pastikan kalo adonannya udah bener2 beku yaa.. kalo ngga tar kukisnya jadi belepotan..
pemakaian pewarna aku ganti pake pasta pandan (lapisan ijo) dan pasta stroberi (untuk yang merah, eh, ato pink yaa?!?), aku memang menghindari pemakaian pewarna makanan dan lagian pasta ngebuat kukis ini jadi wangiii saat proses pengovenan..

resep ini untuk 500 gr yaa, ato sebanyak stoples yang di gambar:


kukis semangka

bahan A:
150 gr margarine
100 gr gula halus
1 butir telur
1 kuning telur

bahan B:
300 gr tepung terigu
30 gr maizena
30 gr susu bubuk
1/4 sdt garam
4 tetes pewarna merah (aku pake 1 sdt pasta stroberi)
2 tetes pewarna ijo (aku pake 1/2 sdt pasta pandan)

taburan:
wijen hitam 1 sdm (aku pake wijen putih)

how to:
kocok rata semua bahan A, hingga setengah mengembang
campur semua bahan B (kecuali pewarna), aduk
ambil 2/3 adonan beri pewarna merah, bentuk bulat memanjang, masukan kulkas, biarkan mengeras (aku masukan freezer), bentuknya seperti ini:


campur sisa adonan dengan pewarna ijo, gilas selebar dan sepanjang adonan merah
keluarkan adonan merah dari kulkas, balutkan adonan ijo pada adonan merah
simpan kembali ke kulkas, biarkan mengeras
jika sudah mengeras potong2 adonan setebal yang diinginkan, lalu belah 2 hingga menyerupai bentuk di gambar paling atas
tempelkan wijen pada permukaan bewarna merah, tekan2 agar wijen tidak terlepas saat kukis matang
panggang 160" selama 20"-25", keluarkan, kukis akan mengeras di suhu ruang
simpan di dalam stoples kedap udara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar