Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Senin, 08 Agustus 2011

homemade fondant (plastic icing)







Di tempatku belum banyak yang jual fondant, cuma ada di satu TBK itu pun harganya muahaall.. nah, akhirnya aku googling cari cara ngebuat homemade fondant yang bahannya ngga macem2 (aku punya resep homemade fondant tapi kok nama bahannya aneh2)
alhamdulillah sekali buat langsung jadi, tipsnya harus sabar nguleni adonan gulanya sampai benar2 elastis dan gampang dibentuk
rasanya??? muaniiiiiiissss.....
aku ngga begitu suka, yang suka sih anak2 kecil (aku bagiin kuehnya ke rumah orang tua, paaass di rumah lagi banyak anak2)
pesanan pertama langsung datang dari si hebat yg saat itu lagi kerangjingan pocoyo
figurine pocoyo dan si gajah pinkinya cakeep kann?!?!? yaiyalah, buatan ayah! hehe aku ngga bisa buat yang begitu2an, aku cuma bertugas mengcover kueh.

Bahan-bahan:
750 gr gula halus, ayak (siapkan lebih jika nantinya si fondant masih sticky)
60 gr shortening (mentega putih)
30 ml lemon juice (aku pake air jeruk nipis lokal)
30 ml air

Petunjuk
didihkan shortening, lemon juice, air dan 250 gr gula halus dengan api kecilll sambil diaduk2, angkat
jika adonan sudah hangat (suam2 kuku) tambahkan sisa gula halus sedikit2 sambil terus diuleni
tambahkan gula jika adonan masih sticky
beri pewarna makanan sesuai selera (aku pakai pasta aja)


jika ingin meyimpan fondant sebaiknya bungkus dengan cling wrap dan simpan di wadah tertutup rapat, jangan masukkan ke kulkas karena nanti akan mengeras


composed by ayah... hehe, what a creative daddy!

19 komentar:

  1. wah...ini dia resep yang super simple yang aku cari...udah berapa kali nyari di om google tp nama" bahannya aneh"...
    dan dengan putus asa aku kembali nyari resep fondant untuk terakhir kalinya...daaan akhirnya aku nemuin blok ini..

    thank banget yaaaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata cerita qt sama, setelah wara-wiri akhirnya dpt resep fondant yg satu ini, sayang sumber aslinya ga kecantum #aku nyalin resepnya di kertas, pas googling lagi dah ga nemu#

      Bdw, u r welcum :)

      Hapus
  2. thanks ya,,akhirnya kutemukan resep fondant yg simple bgt...

    BalasHapus
  3. ya allah trimakasih juga y buat yang share ne resep
    mudah - mudahan diberikan kemudahan rejekinya....
    amin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinn, terimakasih jg, semoga cocok yaa dgn resepnya :)

      Hapus
  4. kerenn... ini simpel banget.
    tapi bikinan aku pas udah jadi tekstur gula halusnya masih terasa. agak kasar. klo ditarik patah,kurang elastis.
    apa memang begitu ya?? karna ga pakek gelatin.
    atau aku nguleni nya kurang lama? aku uleni sekitar 40 menitan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya??
      Sudah diayak gulanya bun???
      Ato menggunakan gula pasir yg diblender sendiri??
      Sy pernah nyoba kalo hasil blenderan sendiri, memang terkadang tekstur gulanya masih terasa
      Kalo menggunakan gula bubuk siap pake teksturnya lebih halus

      Memang tidak seelastis yg d jual bun, tapi masih cukup rapi untuk ngecover cake, atau mungkin suhu ruangannya cukup rendah ya bun??
      Kalo aku ngadonnya di dapur yang lumayan hangat, hehehe, jd fondant nya lumayan lentur, seperti play dough
      Suhu ruangan jg mempengaruhi bun, smakin rendah suhu bs membuatkan fondant sedikiit tidak elastis, karena itu fondant ngga dianjurkan disimpan di kulkas
      Ato boleh tambahkan gelatin bun pada campuran shortening nya, nice idea!

      Hapus
  5. Uleninya emng harus lama ya...hasil jd saya sama sekali gak sprt playdough dirolling pin langsung hancur dan lengket.gak bs elastis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, iya kah?? kalo langsung hancur mungkin bs mengurangi takaran gulanya dulu

      Hasil akhirku yaa di gambar itu, Alhamdulillah lembut sehingga bisa dipakai meng-cover kue dan dijadiin figurine juga

      semoga percobaan selanjutnya bisa sukses yaa

      ps: fondant beli jadi yang belum diuleni juga lumayan keras loh, apalagi homemade, jadi memang butuh ekstra sabar

      Hapus
  6. Thanks a lot ya resep fondantnya. Akhirnya bisa menghindari gelatin yg gk jelas. Karena seperti msh cair dan.kurang kental meski sdh sy tambah gula halus...pas dididihkn sy tambahi 1 sdm maizena dan terigu shingga cepat kental. Hasilnya tdk sehalus buatan pabrik tp kalau sdh diuleni cukup lentur dan kokoh jd bisa buat macam2 hiasan yg "rebah" maupun yg tegak.

    Mqty

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. waaahh untuk resep yang satu ini aku ngga berani utak-atik, sebaiknya pakai aja yaa

      Hapus
  8. Uleninya berapa lama yah bunda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 seperti nguleni roti, 15menit bun..

      Hapus
    2. tapi pake istirahat yaa bun, biar ngga pegel bngt hehe

      Hapus
  9. Punyaku keras gimana mensiasatinya mb

    BalasHapus
  10. Lanjut nguleni aja terus mba �� semangat!
    Oia jangan masukin kulkas yaa, kalo masuk kulkas lgsg otomatis keras

    BalasHapus