Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Selasa, 18 Oktober 2011

Matcha Spongecake (Cake Teh Hijau)



Bukan niat untuk hidup lebih sehat, cuma sedang dalam program memberdayakan teh ijo yang hampir expired aja. Soal rasa, cake teh ijo ini bukan aku banget.. Rasa matcha-nya (teh ijo bubuk) sangat dominan dan buat yang nggak doyan teh ijo seperti aku (aku lebih doyan 'teh bandulan' which just perfect!) rasa matcha ini rada pait. Cake ini jadinya aku niatkan sebagai kudapan Ibu (in law) yang diabety. Alhamdulillah si Ibu suka, kata blio rasa cake ini 'dia banget'.


Matcha Spongecake (Sponge Teh Hijau)
Source: LeZAT, edisi 67, tahun III, 2006.

Bahan:
150 gr tepung terigu
6 butir telur ayam (aku tambahin 2 kuning telur lagi)
150 gr gula pasir
40 gr matcha (teh hijau bubuk)
60 gr mentega, lelehkan (aku pake 75 gr)
1 sdt pasta vanili
(aku tambahin seuprit garam)

Hiasan (suka2 yaa):
100 gr cokelat masak susu, tim hingga leleh
50 gr whipped cream siap pakai (nggak pake)
50 gr cokelat chip (aku pake 100 gr ceri)

How to:
-Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental
-Tambahan terigu dan matcha, aduk rata pake spatula
-Tambahkan mentega leleh dan vanili aduk rata
-Tuang ke loyang persegi yang telah dioles margarin dan diberi kertas roti, oven selama 25 menit dengan suhu 180 derajat celsius, angkat, dinginkan, keluarkan dari loyang
-Hias dengan bahan hiasan, sajikan

Note 'ala sehat' (ini 'ala ku' untuk si ibu yang diabety):
-Gulanya aku pake gula tebu tropicana slim yang rendah kalori (jangan pake gula jagung, big NO NO buat cake)
-Aku pake teh ijo kering (nggak bubuk) yang aku blender sampai menjadi bubuk halus, ayak
-Menteganya aku ganti minyak kedelai, aku panasin sebentaaar banget (asal hangat), sesaat sebelum di masukan ke adonan. Minyaknya aku timbang sesuai ukuran mentega yang digunakan.
-aku pake cokelat 'low fat', ada tuh dijual di TBK


Note 'ala enak' (ini 'ala ku' buat aku yang doyan cake manis):
-Tambahin gulanya menjadi total 200 gr
-Kurangi jumlah teh ijonya, cukup pake 25-30 gr aja
-For the best result pake mentega, jangan margarin (karena lidah nggak bisa bohong)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar