Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Senin, 05 September 2011

Putu Ayu (Kue Pandan Kukus)


kueh ini sederhana banget, khas Endonesa dan tanpa lemak (no margarine, no mentega, no vegetable oil) >> eh, kecuali buat ngoles loyangnya
pasti semua sudah pada tau banget lah yaa gimana penampakan kueh putu ayu ini, yap! ukuran cup yang bentuk kembang2 gitu, tapi kali ini aku pake loyang tulban biar adonannya sekali tuang aja
untuk sekedar tips, aku tambahkan 1 sdm tepung maizena (kanji juga bisa) pada kelapa parutnya agar nggak buyar, oia, pilih juga kelapa yang agak muda yaa dan bersihkan kulitnya hingga benar2 tak bersisa agar si kelapa parut putih berseri (aku masih ada sedikit bagian kulitnya, karena aku beli kelapa yang udah diparut) >> anggap ajah putu ayu bercorak, hehe


Putu Ayu:

bahan:
2 butir telur
1 sdt cake emulsifier (aku ngga pake)
100 gr gula pasir
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdt pasta pandan

1/2 butir kelapa setengah tua, parut
1/4 sdt garam
1 sdm maizena (kanji juga bisa)

How to:
-siapkan loyang, oles dengan minyak goreng
-campur kelapa, garam dan maizena, padatkan pada dasar loyang, sisihkan
-kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang
-tambahkan tepung, baking powder dan pasta pandan, sedikit2, aduk rata
-tuang adonan ke atas kelapa parut, kukus 15"
-angkat, sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar