Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Sabtu, 17 September 2011

Cake Cokelat Kacang Filling Vla Cokelat

Buat ultah adikku, Roby, aku buatin dia  cake cokelat lembut ini. Lembut karena pake 12 kuning telur (dan 4 putih telur), kalo mau yang biasa aja pake 8 telur utuh juga bisa.
nggak seperti b'day cake buat 1 tahunan pada umumnya yang identik dengan dekorasi 'rame', kali ini aku buatin dia yang simplee banget (yang penting 'rasa') >> alasan utamanya sih ngga bisa ngedekor, huehehe

Kue ini sebenarnya kue gosong, loh kok?!? pas lagi ngoven, aku tinggal solat magrib dan bener2 lupa kalo ada kue yang lagi dibake. Untung aja si Ayah minta makan dan pas masuk dapur baru sadar kalo ovennya nyala, huhuhu...
Karena kelewat gosong, pas dibalik kue ini langsung jatuh gitu aja, penampakannya seperti piring gerabah yang baru selesai dibakar! sukur aja aku buat 1 1/2 resep (jadi kuenya lumayan gede) dan dengan terisak-isak, aku sayati pinggir2 kue yang udah ngga tertolong (yaiyalah, kueh ini aku sayang2, wong pake 18 kuning telur!!) >> Dan Ayah jadinya makan malam dengan mie instan! (ceritanya aku lagi emosi jiwa, hehehe)

Sebagai surprise cake, sore2 aku anterin kue ini ke yang empunya hari tanpa ada pemberitauan mau ke sana, eee.. orangnya ngga ada!! Lengkaplah sudah penderitaan si kue (dan yang ngebikin!). Ternyata, Si birthday toddler lagi nginep di rumah embah!! huhuhuhu.... Sukurnya supir ku yang setia dan ringan tangan (si Ayah) mau anterin aku kesana.
Alhamdulillah, kuehnya lariss maniiiisss. Ludes seketika!


Cake Cokelat Kacang Filling Vla Cokelat
Sumber: Sedap Khusus Pemula Edisi 34/VI/06

Cake:
12 kuning telur
4 putih telur
140 gr gula pasir
25 gr cokelat bubuk
75 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
100 gr kacang tanah, sangrai, haluskan panas2 dengan kulitnya
125 gr margarin, lelehkan
1 sdt cokelat pasta

Vla cokelat:
250 ml susu cair (aku pake susu cokelat)
1 1/2 sdm maizena (aku 2 sdm)
30 gr gula pasir
1 kuning telur
1 sdm rhum (rhum >> alkohol, ngga pake diing)
(aku tambahin 50 gr Dark Cooking Chocolate, serut)

How to:
- Cake, Kocok gula + telur hingga mengembang
- Tambahkan cokelat bubuk, terigu dan BP, aduk rata.
- Tambahkan kacang halus, aduk lagi.
- Masukan margarin dan pasta cokelat, aduk rata. Tuang ke loyang yang telah di oles margarin. Oven 190c selama 25". Angkat, sisihkan.
- Vla, Rebus semua bahan vla kecuali kuning telur hingga mendidih
- Ambil satu sendok vla, tuang ke kuning telur, aduk rata dan tuang kembali ke dalam vla. Masak lagi sampai mendidih. Angkat. Sisihkan.
- Belah cake melintang menjadi 2 bagian. Selagi hangat, tuang vla ke atas salah satu cake dan langsung tutup dengan cake lainnya. Dinginkan.

Sewaktu cake sudah dingin dan vla menjadi 'set', aku siram dengan lelehan 250 gr dark cooking chocolate + 50 gr susu cair cokelat. Dan langsung digarnish dengan potongan buah naga, agar buahnya nempel sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar