Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Minggu, 11 September 2011

Bluebbery Spongecake at Farros is 4 !

it has been a year since Farros's 3rd bday, Alhamdulillah, Farros is 4 today!!

kalo orang2 amirikiya sono ngerayain 9/11 dengan berduka, kalo aku mah dengan suka cita karena 9/11 adalah tanggal dan bulan lahirnya si Farros hebat,
taun 2007 lalu si baby lair premature, baru teng masuk 7 bulan, ee.. dia keburu brojol (tau aja dia, itu tanggal keramat, hehehe)

nggak ada niat sama sekali buat ngerayain, karena memang dikeluarga aku nggak pernah ada yang begitu2an.. Tapiiii, berhubung masih ada aroma idul fitri dan aku belum silaturahmi ke tetangga2 di rumah orang tua, kenapa nggak..
yaah, walopun sangaaaaaat seadanyaa..  (lebih sederhana dari sesederhana mungkin, lah waktu ngajak ngumpul juga pake kentongan doang, saling teriak lewat pagar maksudnya)

kenapa dipilih di rumah orang tua?!? ini karena rumah aku 'tak bertetangga', hiks hiks. Lokasi rumah yang di pinggir jalan ngebuat kami lebih individualis.

 the luvly birthday buddy with his the only one gift

 taraaa... ini dia isi kadonya (thanks Raka!)

aku sendiri nggak ngasih dia apa2, yang lain juga, cuma ada satu tetangga yang pas dipanggil ngumpul sempet2nya pergi dulu cari kado buat si hebat, hehehe makasiih banyaaak yaaa Raka :)

soal menu?!? hmm, maluu sih ngomongnya.. cuma ada bebalung (sejenis sop buntut ala Lombok). Rasa bebalung yang 'segeeer' nggak cucok banget dipadu padanin pake apahpun kecuali tempe goreng (tepung), sambel dan kerupuk tempe.. jadi yaa  menunya itu ajah, tapi alhamdulillah semua (sepertinya) suka.
buat kudapannya ada kueh tart (maaph nak, kuehmu buruk rupa, maklum mama mu bukan cake decorator, tapi mama bakalan belajar kowk), lepet labu (bukan buatanku) dan fruity jelly. Semuanya klop dengan segernya orange juice. Titik.
simple?!? sangat!

oia, untuk kueh tartnya, aku pake loyang bentuk kelinci tapi kowk hasil akhirnya nggak jelas yaa?!? aku cuma punya gambar yang satu ini (si silpi malah punya foto yang lebih banyak, dari segala penjuru!) >> maaph yaah potonya ngga aku rotate, maleeess, hehe

kue kelinci
ceritanya, si kelinci lagi main di lapangan golf (liat tuh rumputnya rapih, kalo lapangan sepakbola kan ada bopeng2 coklatnya)
tulisan nama "F4ROS' kurang satu huruf 'R'nya,  no enough space.. (harus belajar 'tau' kapasitas!)
di akhir acara, ada yang nanya rumusnya si kue kelinci ini, OKehlah aku bagi di sini.. Seperti biasa resepnya 'ala aku' yaaa.. (ngebuatnya sambil ngedoa'in agar si Farros jadi anak sholeh yaa, amiiiinn..)

Kue Kelinci (Blueberry Spongecake Filling Blueberry Jam with Lychee Buttercream Frosting)

Cake:
Bahan A:
12 butir telur ukuran jumbo
250 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier (seperti TBM, SP, Ovalet, dll)

Bahan B:
300 gr tepung terigu
2 sdm munjung selai Blueberry
1/4 sdt garam

 Bahan C:
1 sdm pasta anggur
150 gr margarin, lelehkan

How to:
-Kocok bahan A hingga pucat, mengembang
-Tambahkan bahan B, aduk rata
-Tambahkan bahan C, aduk asal rata
-Tuang ke 3 loyang (2 loyang persegi untuk alas si kelinci, 1nya lagi ke loyang kelincinya)
-Oven 180c selama 25"-30" hingga matang, angkat dinginkan

Butter cream:
600 gr margarin
150 gr shortening (mentega putih)
6 sachet susu kental manis (aku pake frisian flag, isinya lebih banyak)
250 gr - 300 gr gula halus >> diicip, manisnya sesuai keinginan yaa
2 sdm pasta leci (atau vanilie essence, sesuai selera)

How to:
Kocok semua bahan dengan kecepatan sedang hingga benar2 lembuuut (aku sekitar 30 menit, sering2 istirahatkan pengocokan jika menggunakan 1 mixer, agar mixer tidak terlalu panas)

Filling:
selai blueberry secukupnya (aku pake 1 botol selai yang pake botol kaca itu, aduuuh lupa namanya, botolnya udah kebuang)
air panas secukupnya untuk mengencerkan selai (aku pake 1/2 botol selai air panas, sekalian untuk membersihkan sisa selai pada botol)

Pelengkap:
1 bungkus cokelat kacang chacha (ukuran 80 gr)
1/4 butir kelapa parut + 1/4 sdt garam + 1 sdm pasta pandan, sangrai (untuk hiasan rumputnya)

Penyelesaian:
Belah melintang masing2 kue, olesi tiap bagian dengan selai blueberry, tutup kembali
olesi kue persegi yang menjadi alas dengan butter cream dan beri taburan 'rumput' kelapa parut
letakan kue kelinci di atas padang rumput, hias sesuai selera
beri tambahan cokelat chacha sebagai 'kriuk2'nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar