Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Senin, 19 September 2011

Muffin

Salah satu buku pedomanku dalam hal baking2an yaitu "100 Resep Sisca Soewitomo Cake dan Kue" yang penampakannya seperti ini:

 

Buku ini jadi favorit aku karena caranya mendeskripsikan 'cara membuat' dengan terperinci.. Sampai kapan kita harus menyiapkan kukusan atau menyalakan oven-pun ada! jadi pas banget dipake buat aku yang lagi belajar ngebaking.

Resep muffin (aku bacanya; 'mufin'! bukan 'mafin' >> hehehe, udik kok dipelihara yaa?!?) kali ini sebenarnya selewengan resep 'Cup Cake Kukus' yang ada di bukunya si Ibu Sisca tersebut, tapi cara yang aku pake bukan dikukus tapi dioven. Pas pertama kali liat gambarnya seperti bolu kukus yang merekah, tapi pas aku baca resepnya ternyata nggak pake kocok-mengocok hingga adonan menjadi fluffy lah, berat lah, mengeumbuaang lah. Pengocokan telurnya hanya bertujuan untuk melarutkan gula, bahkan ditulis 'tidak sampai berbuih banyak'. Lah, bukannya hakikat pembuatan muffin juga seperti itu?!? ngga pake kocok-mengocok alay kaann.. maka ditanganku jadilah 'Cup Cake Kukus' Oven ini. Penampakannya seperti muffin bukaaann?!? hehehe

Muffin Cokelat Filling Cokelat

Cup Cake Kukus ('Muffin'):
By: Sisca Soewitomo

Bahan :
125 gram margarin (aku pake minyak kedelai, aku timbang)
80 ml susu cair
2 butir telur
150 gr gula pasir
200 gr tepung terigu
30 gr cokelat bubuk
1 sdt soda kue (aku ngga pake)
1 sdt baking powder

How to:
  1. siapkan dandang untuk mengukus dan loyang muffin ukuran diameter 6 cm yang telah diberi kertas cup (aku nyalain oven 180c)
  2. cairkan margarine bersama susu cair, masak hingga mencair dan hangat, tidak sampai mendidih, angkat (aku pake 70 ml air panas (mendidih) + 2 sdm susu skim + minyak kedelai >> ngga dimasak lagi)
  3. kocok telur dan gula hingga gula hancur, tidak sampai berbuih banyak, masukan tepung terigu, cokelat bubuk, BP dan soda kue, aduk rata
  4. masukan margarin leleh, aduk rata
  5. tuang ke dalam loyang hingga hampir penuh, dan kukus selama 20 menit hingga matang, angkat, Sajikan.
 Muffin Melon Keju

Note:
-Tambahkan bahan2 isian sesuai selera, bisa kacang2n (kenari, almond, mente) atau 1 sdt selai (sesuai selera) per cup sebagai filling
-Untuk variasi muffin lainnya tinggal ganti cokelat bubuk dengan tepung terigu dan berikan pasta sesuai selera (pemberian pasta bisa dilakukan sewaktu mengocok telur, agar pasta tercampur rata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar