Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Minggu, 17 November 2013

Oh No!!! Gosong!!


Olala enakkknyaaaaa...

Iya enak kaloooo ini adalah kukis triple choco tapiiiiiii ini kukis gosong!!
Ceritanya ayah pesen kukis lidah kucing keju buat di kirim ke dia di Surabaya -aku di Lombok- tapi ndilalah kuenya gosong #nangis jejeritan!

So, here I go, biar nggak keulang lagi kejadian tragis kayak gini, aku punya beberapa hal ini yang bisa menyebabkan kukis jadi gosong gemerongsong (ealah! cari kambing item!) tapi moga aja bermanfaat apalagi bagi newbie seperti aku...

- Perhatikan Suhu Oven
Waktu ngoven kukis itu aku ceroboh banget karena oven terpasang pada suhu maximal, 240c!! So, perhatikan benar suhu oven, biasanya kukis membutuhkan suhu yang rendah yaitu sekitar 150c-170c.

- Lamanya Proses Pemanggangan
Untuk ngoven kukis dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit, tergantung jenis kukisnya. Biasanya bagian tengah kukis masih sedikit lembek walopun waktu memanggang sudah sesuai resep, hal ini karena kukis akan menjadi lebih renyah saat proses resting yaitu ketika keluar dari panggangan. Jadi jangan coba-coba menambahkan waktu memanggang karena hanya akan membuat kukis menjadi overcooked.

- Loyang
Untuk mengoven kukis gunakan hanya loyang dengan tepian yang rendah agar kukis matang merata, bila perlu gunakan loyang dengan alas yang agak tebal untuk menghindari gosong pada bagian bawah kukis tetapi masih lembek di bagian atasnya.

- Jenis Kukis
Ada jenis kukis yang melebar saat dioven, ada yang tidak. Cirinya adalah jika di resep tertulis kocok mentega hingga lembut maka kukisnya akan melebar dan jika hanya ada proses pencampuran adonan saja maka kukis akan seperti bentuk awalnya. Nah, kukis yang melebar ini, contohnya lidah kucing, hanya butuh proses pemanggangan yang sebentaaaarr banget. Sekali lagi jangan tambahin waktu pemanggangannya karena kukis yang seperti ini bentuknya tipis sehingga mudah gosong.

- Buatlah Kukis Saat Waktu Agak Longgar
Walopun kukisnya simple tapi tetap jangan dibuat disaat-saat waktu yang padat a.k.a curi-curi waktu karena kukis adalah jajanan yang butuh 'perhatian" lebih dibandingkan membuat jajanan lain, ngebuat bolu misalnya. Proses membentuk kukis dan mengolesnya terkadang memakan waktu.

- Curi-Curi Waktu Bolehlah Asal......
Asal si dedek bayi udah bobok pulas! hahaha. Nah, ini adalah kambing item terGede dari perkara kukis gosong ku kali ini. Aku punya bayi 3 bulan yang pas waktu aku ngoven dia tiba-tiba jadi rewel banget. Emang siy pas aku mulai ngadon kukis si dedek dalam keadaan tidak bobok, mungkin dia bosan main sendiri lalu jadi nangis jejeritan. Langsung aja aku tinggalin 2 lengser lidah kucing dalam oven yang bersuhu 240c itu dan walhasil kukis ku gosong sempurna!

Sediiiihh banget ngeliat yang gosong gini...


Parah paraaahh...
Padahal kalo matang sempurna insyAllah hasilnya lekeeerrr..
Yo wis lah, goyang mixer lagi, mudahan hasilnya lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar