Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Sabtu, 28 Januari 2012

Lasagna



Kira-kira kejadiannya udah hampir 2 tahun lalu, waktu itu rame-rame belajar ngebuat lasagna ke Tante Pipin  -temannya Ibu-. Tante Pipin itu udah jago banget ngebuat lasagna, soalnya sempat lumayan lama living abroad di Aussie dan di sana sempat kerja di kitchen. Kita start cooking dari pagi dan sampai kelar zuhur lasagnanya nggak jadi-jadi. Ngebuat lasagna itu banyak prosesinya karena kita emang pake homemade pasta bukan yang instan. Karena itu aku udah males duluan kalo mau ngebuat sendiri di rumah, lebih baik beli jadi aja. Tapi karena nggak puas makan makanan beli, akhirnya kepancing juga untuk ngebuat sendiri. Biar niat nggak setengah-setengah, akhirnya aku masukin lasagna ini ke dalam resolusi 2012ku. Aku tipe orang yang bakalan ngelakuin sesuatu yang udah on schedule, soalnya rada gondok juga kalo aku punya jadwal yang nggak kesampaian.

Oia! ngebuat lasagna nggak lama-lama amat, aku mulai pagi hari dan belum siang-siang banget lasagnanya udah kelar. Hmm, ternyata waktu dulu itu yang ngebikin lama adalah ngobrolnya! hehe. Yah, namanya emak-emak ngumpul, masak 5 menit ngobrolnya 42 menit 38 detik, hehe. 
Hasil lasagna buatanku?? memuaskan -at least for me-! Akhirnya, aku bisa makan seloyang gede sampe mabok, Farros -my boy- juga doyan banget -aku nggak pake banyak merica, jadi cocok sama lidahnya-. Nggak lama habis buat yang pertama, aku dapat 'tugas' lagi dari Ibu untuk ngebuat lasagna dalam cup-cup alfoil untuk dijadiin oleh-oleh buat keluarga di Surabaya -Yes, kita pulang kampung sepekan-
Alhamdulillah 1 resolusi baking-cooking udah kelar, semoga yang lainnya bisa nyusul secepatnya. Amin.

Lasagna
Serving: 1 large pyrex
 
Pasta Lasagna:
Untuk  25 lembar pasta


4 butir telur
2 1/2 cup tepung terigu protein sedang
2 cup air
2 sachet susu bubuk
120 gr margarin cair
1/4 sdt garam

How To:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan baloon whisk (pengaduk), jangan sampai ada adonan yang bergerindil.
Panaskan wajan datar anti lengket, oles tipis dengan margarin, tuang 2 sendok sayur adonan, masak hingga matang (jangan sampai kecokelatan, cukup kuning-kemuning aja). Potong-potong persegi seperti kulit lasagna. Sisihkan.


Kuah Bumbu:


 4 buah tomat, rebus sesaat hingga kulitnya retak (kalo mau instans pake tomat kalengan), angkat, kupas
500 ml air
6-8 siung bawang putih
4 buah cabe merah, buang bijinya
1 sdt oregano
1 sdt basil
5 batang daun seledri, iris halus
Garam dan gula secukupnya
Merica bubuk secukupnya

How To:
Didihkan air, masukan semua bahan lain kecuali tomat. Rebus hingga bahan-bahan melunak. Angkat, hilangkan uap panasnya. Masukan tomat dan blender. Sisihkan.

Saus Daging:


100 gr margarin
500 gr daging sapi tanpa lemak yang di cincang halus -bukan digiling, agar bertekstur-
2 buah bawang bombay uk. sedang, iris-iris persegi
200 gr wortel, potong dadu kecil-kecil
200 gr labu siam, potong dadu kecil-kecil
3/4 botol saus tomat ukuran kecil
1000 ml air
Kuah bumbu

How To:
Lelehkan margarin, tumis bawang bombay hingga harum, tambahkan daging cincang. Tumis hingga daging kecokelatan, tambahkan wortel, aduk rata. Masukan potongan labu siam. Tambahkan air, masak hingga air menyusut. Aduk sesekali. Tambahkan saus tomat dan kuah bumbu, masak hingga airnya menyusut. Tes icip, tambahkan garam dan merica jika dirasa kurang. Angkat, sisihkan.

Saus Keju:


50 gr margarin
150  gr keju cheddar, parut
2 sachet susu bubuk
375 ml air
Sedikit garam
2 butir telur, kocok lepas

How To:
Lelehkan margarin, tambahkan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata menggunakan whisk. Tambahkan keju parut dan garam. Masak dengan api kecil sampai terus diaduk-aduk hingga meletup-letup. Angkat, dinginkan. Tambahkan telur, aduk rata.

Penyelesaian:

 

8 lembar keju cheddar slice
1/2 sdt paprika (atau cabe merah) bubuk -nggak pake-
100 gr keju cheddar parut, untuk taburan
Saus-sambal botolan

Siapkan loyang, oles dengan margarin. Ambil beberapa bagian lasagna, tata hingga menutupi seluruh permukaan loyang, tuang 1 bagian saus daging. Begitu seterusnya hingga kulit lasagna dan saus daging habis. Tutup dengan keju cheddar lembaran dan siram dengan saus keju. Oven dalam suhu 170c selama 45 menit. Angkat, taburi dengan paprika bubuk, oven lagi selama 5 menit. Angkat, taburi keju parut, sajikan hangat dengan saus-sambal botolan. Yummy!

Note:
-Kira-kira ada 5 lembar kulit lasagna yang nggak kepake
-Keju cheddar lembarannya bisa di-skip dan diganti pake kulit lasagna yang tersisa
-Lembaran lasagna yang nggak terpakai bisa dijadiin aaaapa aja! Karena teksturnya yang lembut, lasagna ini bisa dijadiin sebagai kulitnya dadar manis, risoles atau ditumpuk2 dan perlapisnya diisi pake filling kesukaan (bisa vla, selai ato whippy cream), slurp!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar