Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Sabtu, 07 Januari 2012

Brongko Pisang



Brongko pisang ini adalah sajian alternatif yang memanfaatkan pisang-pisang ndalu karena bahan dasarnya memang pisang yang udah mateeng banget. Kudapan ini seharusnya dibungkus daun pisang -tapi aku nggak-. Kali ini aku buat brongko pisang dalam rangka ta'jil saat berbuka -lah, nggak Ramadhan tapi kok buat ta'jil?? aku puasa ganti sodara-sodara, hehe-
Tekstur brongko pisang ini memang padat tapi tetap lembut kok, rasa manisnya ditambah aroma kayumanis oke banget, hmm apa lagi yaa??, oia! buatnya simple. Dan kalo mau warna brongko yang lebih hejo -nggak butek seperti punyaku- pake peralatan yang berbahan plastik (mulai dari garpu sampai wadah adonan) dan beri sedikit perasan air jeruk nipis pada pisang.  

Brongko Pisang
Serving : 6 mini bowls

Bahan:
7 buah pisang yang matang banget (aku pake pisang ijo uk. sedang), haluskan pake garpu
50 gr gula >> bisa diganti pake sirup apapun sesuai selera (biasanya sirup leci)
150 ml santan kental dari setengah buah kelapa tua (ato pake aja santan instan) >> bisa pake 200 ml santan kental kalo mau tekstur yang lebih lembut
1/4 sdt garam
1/4 sdt kayumanis bubuk
4 lembar daun pandan, potong-potong
2 butir telur, kocok lepas


How to:
-Panaskan kukusan
-Campurkan semua bahan, kecuali daun pandan, aduk rata
-Siapkan beberapa lembar daun pisang, tata daun pandan di dasar daun lalu tuang 2-3 sdm adonan, sematkan, kukus selama 25 menit ato hingga matang
-Sajikan hangat atau dingin sama aja enaknya

Note:
-Kalo aku suka yang lebih lembut, jadi santannya aku tambah hingga 400 ml dan gulanya ditambah 1 sdm
-Kalo pake santan 400 ml, ngukusnya kudu pake mangkuk kecil tahan panas (karena adonannya cair)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar