Good Morning !

Assalamualaikum,
welcome to Farros's virtual home..

I am just the one who starts to love to bake!
as a newbie, this site will be filled one by one recipe as I've tried it out..

enjoy !

Kamis, 08 Desember 2011

Cheese Buttercream Frosting (On Cheesecake for Ayah)


Waktu ngebuat Brownies Pisang Kukus, aku keinget sama Ayah yang hari itu mau pergi keluar kota untuk ngelanjutin study S2nya. Pas ditawarin mau bawa kue apa, dia jawabnya kue apa aja boleh asal yang ngeju-ngeju *niat awalnya kalo Ayah bilang pengen kue cokelat, aku mau bungkusin si brownies pisang yang saat itu sedang dikukus* hehe. 
Nggak pake pikir lama, pilihan langsung jatuh pada Simple Cheesecake yang resepnya aku karang sendiri. Aku pilih ciskek ini karena kami sekeluarga doyaaan banget sama rasanya yang ngejuuuu. Slurp!
Si ciskek langsung di-au bain marie-kan pada loyang aluminium foil agar nanti ngepackingnya gampang.

Besoknya pas aku tanya Ayah gimana si ciskek, oooh!! Sodara2... ciskeknya udah kecuut dan yang bisa termakan hanya 25%nya aja! *meringis*. Aku langsung kebayang 350 gr keju cheddar yang terbuang sia-sia! Padahal aku buatnya pagi dan si Ayah makan malamnya. Usut punya usut, sumbernya ada pada topping yaitu stroberinya! 
Begini.. Setelah aku buat, ciskeknya aku beri topping dan nggak dimasukan ke kulkas karena ada pemadaman listrik. Termyata, si stroberi *yang memang kondisinya nggak 100% seger* rentan banget sama suhu dapurku yang puanasnya pooolll! Jadi, disitulah awal mula proses pengasaman itu terjadi. Dan akhirnya sari stroberi yang sudah meng'asam' tadi terserap oleh ciskek.

Okelah, walo gimanapun juga rasa 'awal' si ciskek tetap lazis kok! Untuk toppingnya aku nggak pake whipcream karena takut nanti meleleh. Jadi aku pilih pake Cheese buttercream frosting. Kudu pake embel-embel cheese yaa, karena kalo nggak pake nanti rasa manisnya cream bisa menutupi cheesynya si ciskek. Untuk resep 'cheesecake ala ku' ini bisa diintip di sini. Yang sekarang aku sharing adalah Cheese Buttercream Frostingnya yaa...


Cheese Buttercream Frosting

Bahan:
50 gr unsalted butter yang dingin
50 gr shortening -mentega putih-
1 sachet susu kental manis (ukuran 42gr-45gr)
1 sdm gula kastor (bisa ditambah sesuai selera)
100 gr keju cheddar parut -bisa aja pake cheese spread-
Setitik garam (dikkiiiit banget dah)

100 gr keju cheddar parut untuk taburan

How To:
Campur semua bahan dalam kom yang bersih dan kering, kocok dengan kecepatan sedang hingga semua menjadi lembuuuuttt dan putih. Siap digunakan sebagai olesan pada cake atau roti tawar atau donat (apapun). 
Untuk hasil yang lebih nendang, setelah cake dioles beri taburan keju cheddar parut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar